Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Olahraga

https://www.uhamka.ac.id/reg

Seminar Pendidikan: Peluang dan Tantangan Pendidikan Dasar Di Era Revolusi Industri 4.0

FKIP umt mengadakan acara PGSD fair 2019 Yang berlangsung selama 3 hari, di dalam acara tersebut terdapat berbagai macam perlombaan, baza...


FKIP umt mengadakan acara PGSD fair 2019 Yang berlangsung selama 3 hari, di dalam acara tersebut terdapat berbagai macam perlombaan, bazar dan seminar pendidikan yang bertemakan “peluang dan tantangan pendidikan dasar di era revolusi industri 4.0” yang diadakan di allium hotel Tengerang pada hari Kamis, 11 April 2019.
Seminar ini membahas mengenai peluang dan tantangan pendidikan dasar di era revolusi industri 4.0. yang di isi oleh beberapa narasumber yakni prof. Dr. M. Syarief Sumantri kaprodi S3 pendidikan dasar UNJ, M. Pd, Dr Asep Mahfudin, M.pd konsultan pembelajaran quantum learning teaching dan kaprodi PGSD umt ibu Ina Magdalena, M.pd yang menjadi salah satu narasumber di acara tersebut.
Bu Ina menjelaskan bahwa revolusi industri sudah 4 kali mengalami perubahan dalam kurun waktu 236 tahun di mulai sejak tahun 1764 oleh James watt beliau menggunakan tenaga uap baik pada proses produksi, transformasi dan militer, perubahan kedua terjadi pada tahun1980 oleh herry ford yang melakukan inovasi ban berjalan, yang ketiga terjadi pada tahun 1970 pada revolusi ini manusia hanya sebagai operator control saja, dan yang terjadi saat ini adalah revolusi industri 4.0 yang di tandai dengan kemajuan internet mesin yang sebelumnya menggunakan operator pada revolusi ini tidak lagi digunakan.
Perkembangan revolusi ini sangat jelas terlihat dampaknya, banyak pekerjaan yang telah digantikan dengan robot ataupun mesin, pada saat ini pula tantangan seorang guru menjadi lebih berat, guru harus lebih menguasai teknologi agar bisa menghadapi era saat ini.
Dalam seminar kali ini dapat dipetik bahwa peran seorang guru tidak akan tergantikan oleh teknologi maka dari ini jangan takut dengan adanya Revolusi Industri 4.0 tetapi guru harus bisa memiliki softskill abad 21 agar bisa menghadapi era ini. Ibu Ina berpesan “Sebagai guru kita harus menguasai teknologi dan lebih maju jangan sampai tertinggal dengan peserta didik”.
Sumber : himapgsd.umt.ac.id

Iklan Halaman Depan